Fungsi MAX Excel
Fungsi MAX Excel digunakan untuk menentukan nilai angka tertinggi dalam suatu rentang data numerik. Fungsi ini hanya akan memproses sel yang berisi angka dan secara otomatis mengabaikan sel yang berisi teks.
Penulisan fungsi: =MAX
Catatan: Untuk mencari nilai terendah dalam suatu rentang, Anda dapat menggunakan fungsi MIN, yang merupakan kebalikan dari MAX.
Untuk mempraktikkan penggunaan fungsi MAX, silakan berikut.
Langkah-Langkah Menggunakan Fungsi MAX di Excel
- Pilih sel G5 sebagai tempat hasil nilai maksimum akan ditampilkan.
- Ketikkan rumus
=MAX
pada sel G5.
- Klik ganda pada perintah MAX yang muncul di menu formula.
- Pilih rentang data yang akan dicari nilai tertingginya, misalnya D2:D21.
- Tekan Enter untuk melihat hasil perhitungan nilai maksimum.
Pada contoh di atas, fungsi MAX berhasil menemukan nilai tertinggi, yaitu 90
. Pada data tersebut, karakter Natalia memiliki statistik Power tertinggi pada rentang D2:D21
.
Penanganan Data Teks pada Fungsi MAX
Jika Anda memasukkan data teks ke dalam salah satu sel dalam rentang, fungsi MAX secara otomatis akan mengabaikan nilai teks tersebut. Misalnya, jika nilai pada D2
diubah menjadi “TEXT”, maka Excel akan mencari nilai tertinggi berikutnya dalam rentang yang masih berupa angka.
Pada kasus tersebut, fungsi MAX akan menghasilkan nilai 87
sebagai nilai tertinggi baru.
Untuk latihan lebih lanjut, Anda dapat .