Fungsi CONCAT Excel
Fungsi CONCAT Excel digunakan untuk menggabungkan (menyatukan) beberapa nilai dari sel yang berbeda menjadi satu string teks. Fungsi ini merupakan versi modern dari CONCATENATE dan mendukung lebih banyak argumen. Fungsi =CONCAT
dapat digunakan baik untuk angka maupun teks.
Penulisan fungsi: =CONCAT(sel1, [delimiter], sel2, ...)
" "
), koma (","
), tanda pipa (|
), dan sebagainya.,
atau titik koma, sesuai pengaturan bahasa Excel Anda.Silakan untuk mencoba Fungsi CONCAT pada berbagai kasus berikut.
Langkah-langkah Menggunakan Fungsi CONCAT di Excel
- Mulai fungsi CONCAT:
- Pilih sel tujuan, misal E2.
- Tulis
=CONCAT
di sel tersebut. - Klik ganda perintah CONCAT yang muncul.
- Gabungkan sel dengan delimiter:
- Pilih sel pertama (misal
A2
). - Tambahkan koma (
,
). - Tambahkan pembatas, misal spasi di dalam tanda kutip (
" "
). - Pilih sel kedua (misal
A3
). - Tekan Enter.
- Pilih sel pertama (misal
Fungsi ini akan menggabungkan nilai A2
dan A3
dengan spasi sebagai pembatas di antara keduanya.
Anda juga dapat menggunakan kata atau simbol lain sebagai delimiter, seperti kata " dan "
:
Fungsi CONCAT dapat menggabungkan nilai sel berupa teks dan angka, dan pembatas bisa berupa string apapun sesuai kebutuhan.
Misalnya, gabungkan beberapa sel dengan kata penjelas agar output lebih informatif:
Untuk latihan lanjutan, silakan .