Fungsi COUNTIFS Excel
Fungsi COUNTIFS Excel digunakan untuk menghitung jumlah sel dalam satu atau beberapa rentang, berdasarkan satu atau lebih kriteria. Fungsi ini sangat berguna untuk analisis data yang membutuhkan beberapa syarat sekaligus.
Penulisan fungsi: =COUNTIFS
Struktur umum rumus COUNTIFS di Excel:
=COUNTIFS(kriteria_rentang1, kriteria1, [kriteria_rentang2, kriteria2], ...)
- Kriteria dapat berupa perbandingan angka atau teks, seperti:
- Lebih besar dari:
>
- Lebih kecil dari:
<
- Sama dengan:
=
- Lebih besar dari:
criteria_range1
,criteria_range2
, dan seterusnya adalah rentang data tempat Excel memeriksa kondisi.
,
atau titik koma) bergantung pada pengaturan bahasa Excel Anda.Contoh Praktik Fungsi COUNTIFS
Misalnya, kita ingin menghitung jumlah karakter Mobile Legends dengan role “Support” pada Generasi Pertama.
Silakan berikut untuk latihan.
Langkah-langkah Menggunakan Fungsi COUNTIFS di Excel
- Pilih sel G3 untuk menuliskan rumus.
- Ketik
=COUNTIFS
lalu klik ganda perintah COUNTIFS. - Masukkan kriteria:
- Spesifikasikan rentang pertama (misal
B2:B55
untuk Role) - Masukkan kriteria pertama (misal
"Support"
atau sel E3) - Spesifikasikan rentang kedua (
C2:C55
untuk Generasi) - Masukkan kriteria kedua (
1
atau sel F3) - Tekan Enter untuk melihat hasil.
- Spesifikasikan rentang pertama (misal
Excel akan menghitung jumlah karakter Mobile Legends dengan role “Support” pada Generasi Pertama.
Anda dapat mengulangi rumus ini untuk Generasi lain guna membandingkan data:
Sekarang Anda dapat melihat jumlah total karakter Mobile Legends dengan role Support untuk masing-masing Generasi:
Untuk latihan lebih lanjut, Anda dapat .