Cara Membeli Materai Elektronik

Cara Membeli Materai Elektronik

Materai elektronik atau e-materai nominal Rp 10.000 per materai secara resmi diluncurkan oleh pemerintah di Auditorium CBB, Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak pada Jumat, 1 Oktober 2021.

Materai elektronik diluncurkan oleh pemerintah karena terus terjadi peningkatan transaksi digital dan penggunaan dokumen elektronik, ditambah lagi pandemi COVID–19 yang mengakselerasi transformasi digital. Dengan diluncurkannya materai elektronik, diharapkan dapat mentransformasi ekonomi Indonesia ke arah yang lebih baik kedepannya.

Sebelum membahas topik utama kita, yaitu tentang cara membeli materai elektronik, ada baiknya Anda memahami apa yang dimaksud materai elektronik itu sendiri.

Apa Itu Materai Elektronik

Undang Undang No. 11 Tahun 2008 (UU ITE) Pasal 5 ayat (1) menyebutkan bahwa dokumen elektronik merupakan alat bukti hukum yang sah. Sehingga, kedudukan dokumen elektronik disamakan dengan dokumen kertas.

Berdasarkan Peraturan pemerintah yang tertuang pada PP Nomor 86 Tahun 2021, materai elektronik yang juga dikenal sebagai e-materai, merujuk pada bentuk digital dari materai yang digunakan dalam transaksi dan dokumen resmi. Sebagai pengganti materai fisik tradisional yang berbentuk stempel kertas yang ditempel pada dokumen, materai elektronik menggunakan format digital atau elektronik.

Penggalan isi UU ITE No. 11 Tahun 2008 pasal 5

Materai elektronik dikeluarkan dalam bentuk kode atau tanda khusus yang tercetak atau disematkan pada dokumen elektronik. Mereka memiliki nilai nominal yang telah ditentukan oleh peraturan atau undang-undang yang berlaku di suatu negara. Penggunaan materai elektronik biasanya diatur oleh badan atau otoritas pemerintah yang berwenang, seperti kantor pajak atau lembaga yang bertanggung jawab atas administrasi materai.

Tujuan utama dari materai elektronik adalah untuk menggantikan materai fisik dengan proses yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Dengan adanya materai elektronik, dokumen dan transaksi dapat dilakukan secara digital, menghindari kebutuhan untuk mencetak, menempel, atau mengirimkan materai fisik secara fisik.

Penerbitan dan penggunaan materai elektronik sering melibatkan tanda tangan elektronik atau mekanisme verifikasi lainnya untuk memastikan keaslian dan integritas dokumen yang memerlukan materai. Hal ini sering melibatkan otoritas pemerintah yang memvalidasi penggunaan materai elektronik dan menjamin keabsahan transaksi atau dokumen tersebut.

Perlu dicatat bahwa persyaratan dan regulasi mengenai materai elektronik dapat berbeda-beda di setiap negara. Oleh karena itu, penting untuk memahami aturan dan ketentuan yang berlaku dalam penggunaan materai elektronik di wilayah hukum Anda, serta mengikuti panduan resmi yang diberikan oleh pemerintah atau otoritas terkait.

Penggunaan dan pembelian e-materai tentu berbeda dengan materai konvensional yang digunakan dengan cara ditempel pada dokumen fisik. Jadi, bagaimana cara melakukan pembelian serta menggunakan e-materai?

Langkah-langkah Membeli Materai Elektronik

Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk membeli materai elektronik:

1. Pahami Aturan dan Persyaratan

Pertama-tama, penting untuk memahami aturan dan persyaratan yang berlaku terkait penggunaan materai elektronik di negara Anda. Setiap negara memiliki regulasi yang berbeda terkait materai elektronik, termasuk prosedur pembelian dan penggunaannya. Pastikan untuk mencari informasi yang akurat dan mengikuti panduan resmi yang diberikan oleh pemerintah atau otoritas terkait.

2. Tentukan Jumlah dan Nilai Materai yang Dibutuhkan

Langkah selanjutnya adalah menentukan jumlah dan nilai materai yang Anda butuhkan. Nilai materai elektronik biasanya disesuaikan dengan kebutuhan transaksi atau jenis dokumen yang akan Anda gunakan. Pastikan untuk mengidentifikasi jenis materai elektronik yang sesuai dengan transaksi atau dokumen yang akan Anda tandatangani.

3. Cari Penyedia Resmi Materai Elektronik

Setelah mengetahui persyaratan dan jumlah materai yang dibutuhkan, Anda perlu mencari penyedia resmi materai elektronik di negara Anda. Biasanya, badan atau institusi pemerintah yang berwenang bertanggung jawab atas penerbitan materai elektronik. Cari tahu badan atau institusi yang mengeluarkan materai elektronik, dan pastikan Anda membelinya dari sumber yang sah dan terpercaya.

4. Kunjungi Situs Web atau Aplikasi Resmi

Sebagian besar negara memiliki situs web atau aplikasi resmi yang menyediakan layanan pembelian materai elektronik. Kunjungi situs web atau unduh aplikasi resmi yang disediakan oleh badan atau institusi pemerintah yang berwenang. Pastikan bahwa situs web atau aplikasi yang Anda gunakan aman dan terverifikasi untuk mencegah penipuan atau pemalsuan.

5. Buat Akun atau Registrasi

Biasanya, Anda perlu membuat akun atau melakukan registrasi di situs web atau aplikasi resmi sebelum dapat membeli materai elektronik. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk membuat akun dengan mengisi informasi yang diperlukan. Pastikan untuk memberikan informasi yang akurat dan valid.

6. Pilih Jumlah dan Nilai Materai

Setelah mendaftar, Anda akan diberikan opsi untuk memilih jumlah dan nilai materai elektronik yang Anda butuhkan. Pilihlah jumlah dan nilai materai sesuai dengan kebutuhan Anda. Ikuti petunjuk yang diberikan pada situs web atau aplikasi untuk menyelesaikan proses pembelian.

7. Lakukan Pembayaran

Setelah memilih jumlah dan nilai materai, Anda akan diarahkan untuk melakukan pembayaran. Biasanya, Anda akan diberikan beberapa pilihan metode pembayaran seperti transfer bank, kartu kredit, atau pembayaran elektronik lainnya. Pilih metode pembayaran yang nyaman bagi Anda dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk menyelesaikan pembayaran.

8. Terima dan Simpan Bukti Pembelian

Setelah pembayaran selesai, Anda akan menerima bukti pembelian materai elektronik. Simpan bukti pembelian dengan baik sebagai referensi dan bukti bahwa Anda telah membeli materai secara sah.

9. Gunakan Materai Elektronik

Setelah membeli materai elektronik, Anda dapat menggunakannya untuk transaksi yang menggunakan e-materai atau untuk dibubuhkan pada dokumen resmi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang diberikan untuk penggunaan materai elektronik dalam transaksi atau dokumen yang relevan.

Baca juga : Cara Membuat Tanda Tangan Digital

Cara Membeli Materai Elektronik

PT. Astha Pandava Inovasi Teknologi merupakan salah satu web resmi yang bisa digunakan untuk membeli materai elektronik. Berikut cara membeli materai elektronik dan membubuhkan pada dokumen resmi melalui website PT. Astha Pandava Inovasi Teknologi :

  1. Buka laman www.signing.id
  2. Sebaiknya Anda mendaftar terlebih dahulu agar mempunyai akun melalui URL https://www.signing.id/sign-up
  3. Login dengan menggunakan email dan password
  4. Klik menu “E-Materai”
  5. Upload dokumen yang akan dibubuhkan materai elektronik
  6. Bubuhkan materai elektronik pada posisi yang tepat dengan cara drag and drop
  7. Lakukan pembayaran dengan menggunakan berbagai cara pembayaran elektronik ataupun transfer bank
  8. Dokumen yang sudah dibubuhi materai elektronik akan dikirimkan melalui alamat email yang terdaftar
Membeli dan membubuhkan materai elektronik melalui signing.id

    Beberapa Website Untuk Membeli Materai Elektronik

    Situs web resmi pemerintah

    Banyak negara memiliki situs web resmi yang dikelola oleh pemerintah atau otoritas pajak yang memungkinkan pembelian materai elektronik secara online. Cek situs web pemerintah terkait untuk mengetahui apakah mereka menyediakan layanan pembelian materai elektronik.

    Berikut beberapa distributor resmi yang telah ditunjuk oleh pemerintah untuk penjualan materai elektronik :

    1. PT Peruri Digital Security melalui laman https://e-meterai.co.id/

    2. PT Finnet Indonesia melalui laman https://finnet.e-meterai.co.id/

    3. PT Mitra Pajakku melalui laman https://e-meterai.pajakku.com/

    4. PT Mitracomm Ekasarana melalui laman https://mitracomm.e- meterai.co.id/

    5. Koperasi Pegawai Swadharma melalui laman https://swadharma.e- meterai.co.id/

    Portal perpajakan

    Beberapa negara memiliki portal perpajakan yang memungkinkan pembelian materai elektronik sebagai bagian dari proses pelaporan pajak dan administrasi perpajakan. Anda dapat mencari portal perpajakan yang sesuai di negara Anda untuk mengetahui apakah mereka menyediakan layanan pembelian materai elektronik.

    Indonesia sendiri mempunyai situs resmi Direktorat Jenderal Pajak dengan laman website www.pajak.go.id. Direktorat Jenderal Pajak merupakan badan yang bertanggung jawab atas penerbitan materai elektronik di Indonesia. Melalui situs web resmi mereka, Anda dapat membeli materai elektronik dengan mengikuti prosedur yang ditentukan.

    Bank dan lembaga keuangan

    Beberapa bank atau lembaga keuangan dapat menyediakan layanan pembelian materai elektronik melalui situs web mereka atau melalui aplikasi perbankan online. Anda dapat menghubungi bank atau lembaga keuangan terkait untuk mengetahui apakah mereka menyediakan layanan tersebut.

    Beberapa bank dan lembaga keuangan di Indonesia juga menyediakan layanan pembelian materai elektronik melalui situs web mereka. Misalnya, Bank Mandiri (www.bankmandiri.co.id) dan Bank Central Asia (BCA) (www.bca.co.id) menyediakan layanan pembelian materai elektronik bagi nasabahnya.

    e-Stamp (www.e-stamp.id) adalah platform resmi dari lembaga keuangan yang disediakan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia untuk membeli materai elektronik secara online. Anda dapat mengunjungi situs web mereka untuk membeli materai elektronik dengan mudah dan aman.

    Platform e-commerce

    Beberapa platform e-commerce populer juga dapat menawarkan materai elektronik sebagai bagian dari produk atau layanan mereka. Anda dapat mencari di platform e-commerce yang terkemuka di negara Anda untuk melihat apakah mereka menyediakan materai elektronik.

    Beberapa platform e-commerce dan marketplaces di Indonesia juga menyediakan layanan pembelian materai elektronik. Contohnya adalah Tokopedia (www.tokopedia.com), Shopee (www.shopee.co.id), dan Bukalapak (www.bukalapak.com). Cari kata kunci “materai elektronik” di situs-situs tersebut untuk menemukan penjual yang terpercaya.

    Tentang Penulis

    Tinggalkan Balasan

    Artikel Terbaru

    Kategori Artikel

    Keranjang Belanja0
    Keranjang belanja kosong ...
    0