Dart OOP

Pemrograman Berorientasi Object (OOP) mendefinisikan sebuah Object sebagai suatu entitas yang memiliki data dan fungsi yang dapat dipakai, Object sendiri mempunyai cetak biru berupa Class. Sebuah Object memiliki tiga karakteristik berikut ini :

  • State Menggambarkan kondisi Object itu sendiri. Nilai field dalam suatu Object menggambarkan nilai state dari Object itu sendiri.
  • Behavior Menggambarkan apa yang bisa dilakukan oleh suatu Object. Behavior biasanya diwakili oleh fungsi dalam Object tersebut.
  • Identity Nilai unik yang membedakan sebuah Object dari sekumpulan Object yang serupa. Dua atau lebih Object dapat berbagi state dan behavior tetapi tidak dengan identity.

Operator titik (.) digunakan bersama dengan Object untuk mengakses field dan fungsi dalam Object tersebut.

Contoh

Dart merepresentasikan data dalam bentuk Object. Setiap class di Dart adalah sub class dari class Object. Berikut ini adalah contoh sederhana membuat dan menggunakan Object.

class Murid { 
   void test_method() { 
      print("Ini adalah test_method"); 
   } 
   
   void test_method1() { 
      print("Ini adalah test_method1"); 
   } 
}  
void main()    { 
   Murid s1 = new Murid(); 
   s1.test_method(); 
   s1.test_method1(); 
}

Kode di atas ketika dijalankan akan menghasilkan output berikut :

Ini adalah test_method
Ini adalah test_method1

Cascade Operator (..)

Contoh di atas memanggil fungsi-fungsi dalam suatu class. Namun, setiap kali fungsi dipanggil, referensi ke Object diperlukan. Cascade operator dapat digunakan sebagai singkatan dalam kasus di mana ada urutan pemanggilan beberapa fungsi sekaligus.

Cascade operator (..) dapat digunakan untuk memberikan urutan panggilan kepada beberapa fungsi melalui suatu Object. Berikut adalah contoh pemakaian cascade operator.

class Murid { 
   void test_method() { 
      print("Ini adalah test_method"); 
   } 
   
   void test_method1() { 
      print("Ini adalah test_method1"); 
   } 
}  
void main() { 
   new Murid() 
   ..test_method() 
   ..test_method1(); 
}

Kode di atas ketika dijalankan akan menghasilkan output berikut :

Ini adalah test_method 
Ini adalah test_method1

Fungsi toString()

Fungsi toString berguna untuk mengembalikan representasi string dari suatu Object. Lihat contoh berikut untuk memahami cara menggunakan method toString.

void main() { 
   int n = 12; 
   print(n.toString()); 
}

Kode di atas ketika dijalankan akan menghasilkan output berikut :

12

Tinggalkan Balasan

Keranjang Belanja0
Keranjang belanja kosong ...
0