NEXT-SIAKAD

Sistem Informasi Akademik

NEXT-SIAKAD adalah solusi untuk Sistem Informasi Akademik dari PT Nextgen Inovasi Indonesia.
NEXT-SIAKAD menyediakan Sistem Informasi Akademik yang lengkap yang dapat digunakan oleh semua jenis universitas, perguruan tinggi, lembaga, pusat pelatihan, atau akademi pendidikan.

Sistem Informasi Akademik NEXT-SIAKAD memiliki semua fitur yang diperlukan seperti pendaftaran dan pemindahan mahasiswa, pengaturan akademis, pengaturan kelas dan jadwal ujian, kehadiran mahasiswa, pendaftaran nilai ujian dan publikasi hasil, pengaturan tugas, papan pengumuman, pemberitahuan email dan SMS, catatan pendapatan-pengeluaran, pengumpulan biaya, kehadiran dan penggajian staf, manajemen perpustakaan, manajemen resepsionis, manajemen inventaris, manajemen asrama, manajemen transportasi, pembuatan transkrip dan sertifikat dan banyak lagi.

Sistem Informasi Akademik NEXT-SIAKAD berisi pengaturan role pengguna yang dinamis dengan konsep sistem otorisasi. Sistem otorisasi ini memungkinkan pembuatan beberapa role pengguna sesuai kebutuhan dan memberi setiap pengguna izin fungsi atau menu apa saja yang bisa mereka akses.

MODUL NEXT-SIAKAD

Modul Sistem Informasi Akademik

NEXT-SIAKAD adalah Sistem Informasi Akademik yang dilengkapi dengan berbagai modul yang siap pakai

Modul Akademik

Pengaturan Fakultas

Fungsi ini berguna untuk menambahkan, mengubah, menghapus dan melihat daftar Fakultas yang ada dalam suatu kampus.

Pengaturan Program

Fungsi ini berguna untuk menambahkan, mengubah, menghapus atau melihat daftar Program Studi atau Jurusan untuk masing-masing Fakultas yang sudah dibuat sebelumnya.

Pengaturan Angkatan

Fungsi ini berguna untuk menambahkan, mengubah, menghapus atau melihat daftar angkatan yang sudah berjalan atau yang baru akan dibuat dalam suatu kampus. Angkatan ini biasanya disebut dalam bentuk tahun ajaran, misal Angkatan 2022, Angkatan 23 dan sejenisnya.

Pengaturan Sesi

Fungsi ini berguna untuk menambahkan, mengubah, mengaktifkan dan melihat daftar sesi yang ada sampai sekarang dalam suatu kampus. Sesi adalah bagian tertentu dalam suatu tahun akademik, yang dapat dibagi menjadi sistem dua bagian seperti semester atau lebih. Setiap sesi yang berjalan perlu diaktifkan. Contoh penamaan sesi adalah semester ganjil tahun ajaran 2022/2023, atau semester genap tahun ajaran 2022/2023.

Pengaturan Semester

Fungsi ini berguna untuk menambahkan, mengubah, menghapus dan melihat daftar semester yang ada dalam suatu kampus. Contoh pengaturan semester, misal untuk Pendidikan D3, dari semester 1 sampai semester 6, sedangkan untuk Pendidikan S1, dari semester 1 sampai semester 12.

Pengaturan Bagian

Fungsi ini berguna untuk menambahkan, mengubah, menghapus dan melihat daftar bagian yang ada dalam suatu Angkatan mahasiswa. Bagian ini dapat digunakan apabila suatu Angkatan mahasiswa dibagi menjadi dua jadwal pengajaran.

Pengaturan Ruang Kelas

Fungsi ini berguna untuk menambahkan, mengubah, menghapus dan melihat daftar ruang kelas yang ada dalam suatu kampus. Ruang kelas adalah ruang fisik yang digunakan untuk pengajaran sehari-hari dengan kapasitas tertentu. Satu ruang kelas dapat dipakai bersamaan oleh banyak mata kuliah, sesi, semester, program, fakultas dan Angkatan.

Pengaturan Mata Kuliah

Fungsi ini berguna untuk menambahkan, mengubah, menghapus dan melihat daftar mata kuliah yang ada dalam suatu kampus. Mata kuliah mempunyai kredit, nama mata kuliah dan kode singkat.

Pendaftaran Mata Kuliah

Fungsi ini berguna untuk mendaftarkan mata kuliah yang ada ke dalam setiap semester yang tersedia pada setiap program dan fakultas. Satu mata kuliah dapat tersedia pada beberapa semester, program ataupun fakultas.

Modul Sumber Daya Manusia

Pengaturan Staf

Fungsi ini berguna untuk menambahkan, mengubah, menghapus dan melihat daftar staf yang ada dalam suata kampus. Setiap staf mempunya Role (peran) masing-masing, seperti admin, dosen, staf perpustakaan, staf keuangan, resepsionis dan lain-lain. Setiap role mempunyai daftar fungsi yang dapat diakses.

Penggajian

Fungsi ini berguna untuk mengatur penggajian dan pajak setiap staff dan melihat laporan penggajian.

Departemen dan Jabatan

Fungsi ini berguna untuk menambahkan Departemen (Divisi) dan Jabatan yang dalam setiap Departemen. Setiap staf didaftarkan ke dalam satu Departemen dan setiap staf mendapatkan Jabatan sesuai dengan fungsinya.

Absensi Staf

Fungsi ini berguna untuk mengisi absensi untuk setiap staf dan melihat laporan absensi. Absensi dapat diisi per hari atau per jam tergantung tipe kontrak setiap staf.

Cuti Staf

Fungsi ini berguna untuk mengajukan dan approval cuti setiap staf.

Modul Jadwal Akademik

Pengaturan Jadwal Kelas

Fungsi ini berguna untuk mengatur jadwal perkuliahan. Jadwal kelas dapat diatur per Fakultas, per Program Studi, per Sesi, per Semester dan per Bagian. Jadwal kelas mengatur hari mata kuliah, jam kuliah, durasi pengajaran, dosen yang mengajar, mata kuliah yang diajarkan sampai ruang yang dipakai.

Pengaturan Jadwal Ujian

Fungsi ini berguna untuk mengatur jadwal ujian. Jenis ujian dapat diatur melalui pengaturan umum, misal ujian tengah semester, ujian akhir dan ujian regular. Jadwal ujian mengatur tanggal ujian, jam dimulai, durasi ujian, dosen pengawas atau pengajar dan ruang kelas yang dipakai untuk ujian.

Modul Mahasiswa

Pengaturan Absensi Mahasiswa

Fungsi ini berguna untuk mengisi absensi per mahasiswa untuk kehadiran dalam pengajaran suatu mata kuliah. Absensi dimasukkan oleh dosen dan laporan absensi dapat dilihat oleh mahasiswa. Absensi menjadi salah satu komponen dalam penilaian nilai akhir suatu mata kuliah.

Cuti Mahasiswa

Fungsi ini digunakan untuk pengajuan cuti mahasiswa.

Catatan Mahasiswa

Fungsi ini digunakan untuk memberikan catatan khusus kepada seorang mahasiswa.

Pendaftaran Mahasiswa

Fungsi ini berguna untuk melakukan pendaftaran mahasiswa kepada Sesi dan Semester berikutnya. Fungsi ini digunakan juga untuk proses pendaftaran ulang mahasiswa pada setiap awal semester. Pada fungsi ini mata kuliah yang diambil oleh seorang mahasiswa ditambahkan atau dikurangi sesuai dengan maksimal mata kuliah atau kredit yang diperbolehkan.

Penyelesaian Perkuliahan

Fungsi ini berguna untuk mendaftarkan mahasiswa yang sudah tamat perkuliahan dan menjadi alumni.

Daftar Alumni

Fungsi ini berguna untuk melihat daftar mahasiswa yang sudah menjadi alumni.

Modul Penerimaan Mahasiswa

Registrasi Mahasiswa

Fungsi ini berguna untuk melakukan registrasi mahasiswa baru dengan memasukkan berbagai informasi yang diperlukan untuk pendaftaran atau registrasi mahasiswa.

Daftar Mahasiswa

Fungsi ini berguna untuk melihat daftar semua mahasiswa per Fakultas, per Program, per Sesi, per Semester dan per Bagian.

Transfer Mahasiswa

Fungsi ini berguna untuk melakukan proses transfer mahasiswa dari atau ke kampus (universitas lain).

Kartu Identitas

Fungsi ini berguna untuk membuat, mengatur dan mencetak Kartu Mahasiswa.

Modul Ujian Dan Penilaian

Kehadiran Ujian

Fungsi ini berguna untuk mengisi absensi per mahasiswa untuk kehadiran dalam setiap ujian. Absensi dimasukkan oleh dosen dan laporan absensi dapat dilihat oleh mahasiswa. Mahasiswa wajib hadir dalam suatu ujian untuk mendapatkan penilaian.

Hasil Ujian

Fungsi ini berguna untuk memberikan nilai hasil ujian untuk setiap mahasiswa. Setiap tipe ujian mempunyai bobot penilaian masing-masing. Contohnya ujian akhir mempunyai bobot nilai yang lebih besar dariapda ujian Tengah semester.

Nilai Mata Kuliah

Fungsi ini berguna untuk memberikan nilai akhir untuk setiap mata kuliah untuk setiap mahasiswa. Nilai akhir ditentukan oleh beberapa parameter, yaitu kehadiran, nilai ujian, pengerjaan tugas dan kegiatan.

Pengaturan Sistem Penilaian

Fungsi ini berguna untuk mengatur sistem penilaian pada suatu kampus. Misal nilai A untuk hasil mata kuliah lebih dari 80, nilai B untuk hasil mata kuliah lebih dari 70 dan seterusnya. Setiap kampus dapat mempunyai sistem penilaian yang berbeda-beda.

Pengaturan Tipe Ujian

Fungsi ini berguna untuk mengatur tipe ujian apa saja yang ada dalam suatu kampus berikut dengan bobot nilai untuk setiap tipe ujian. Misal tipe ujian akhir mempunyai bobot nilai yang berbeda dengan ujian tengah semester.

Pengaturan Distribusi Nilai

Fungsi ini berguna untuk mengatur bobot atau distribusi nilai untuk perhitungan nilai akhir. Bobot atau distribusi nilai yang dapat diatur yaitu untuk hasil ujian, kehadiran mata kuliah, tugas dan kegiatan.

Modul Materi Belajar

Pengaturan Tugas

Fungsi ini berguna untuk memberikan tugas berdasarkan Fakultas, Program, Sesi, Semester, Bagian dan Mata Kuliah tertentu.

Pengaturan Konten

Fungsi ini berguna untuk memberikan konten untuk mata kuliah tertentu yang dapat diakses oleh mahasiswa. Pengaturan konten bisa berdasarkan berdasarkan Fakultas, Program, Sesi, Semester, Bagian dan Mata Kuliah tertentu. Konten mata kuliah bisa berupa video, PDF atau url video ke website lain.

Modul Biaya Kuliah

Pengaturan Tipe Biaya

Fungsi ini mengatur tipe biaya apa saja yang harus dibayarkan oleh mahasiswa beserta nominal pembayarannya. Contoh tipe biaya adalah biaya pendaftaran, biaya ujian, biaya SKS, biaya praktikum dan lain sebagainya.

Pengaturan Diskon

Fungsi ini mengatur diskon biaya kuliah. Diskon bisa diberikan dalam bentuk persentase atau nonimal. Diskon dapat diberikan per tipe biaya atau per status mahasiswa.

Pengaturan Denda

Fungsi ini mengatur denda keterlambatan pelunasan biaya kuliah, dapat diberikan dalam bentuk persentase atau nominal.

Pengaturan Biaya

Fungsi ini mengatur tipe biaya apa saja yang harus dibayarkan oleh setiap mahasiswa. Pengaturan biaya yang harus dibayarkan ini bisa dikelompokkan menurut Fakultas, Program, Sesi, Semester dan Bagian.

Modul Akun

Daftar Pemasukan

Fungsi ini berguna untuk mengatur dan mencatat semua pemasukan kampus. Pemasukan adalah semua biaya-biaya yang diterima oleh suatu kampus seperti biaya kuliah, biaya pendaftaran dan lain-lain.

Daftar Pengeluaran

Fungsi ini berguna untuk mengatur dan mencatat semua pengeluaran kampus. Pengeluaran adalah biaya-biaya yang dibayarkan oleh suatu kampus.

Modul Komunikasi

Kirim Email

Fungsi ini berguna untuk mengirimkan email kepada seluruh atau sebagian mahasiswa atau staf.

Kirim SMS

Fungsi ini berguna untuk mengirimkan SMS kepada seluruh atau sebagian mahasiswa atau staf.

Daftar Acara

Fungsi ini berguna untuk memberitahukan mahasiswa atau staf tentang acara atau event yang akan berlangsung di lingkungan kampus.

Daftar Pemberitahuan

Fungsi ini berguna untuk memberitahukan mahasiswa atau staf tentang info spesifik tertentu.

Modul Perpustakaan

Pengaturan Buku

Fungsi ini berguna untuk menambahkan, mengubah, menghapus dan melihat daftar buku yang ada dalam perpustakaan suatu kampus.

Pengaturan Anggota Perpustakaan

Fungsi ini berguna untuk mendaftarkan anggota perpustakaan. Anggota perpustakaan bisa berupa mahasiswa, staf ataupun orang luar kampus.

Peminjaman Buku

Fungsi ini berguna untuk mencatat peminjaman buku yang dilakukan oleh anggota perpustakaan.

Modul Inventory

Pengaturan Pemasok

Fungsi ini berguna untuk menambahkan, mengubah, menghapus dan melihat daftar pemasok atau supplier inventory atau barang.

Pengaturan Gudang

Fungsi ini berguna untuk menambahkan, mengubah, menghapus dan melihat daftar Gudang penyimpanan inventory atau barang.

Daftar Barang Atau Inventory

Fungsi ini berguna untuk untuk menambahkan, mengubah, menghapus dan melihat daftar barang atau inventory yang bisa digunakan oleh staff kampus.

Stok Barang Atau Inventory

Fungsi ini berguna untuk mengatur jumlah atau stok barang.

Distribusi Barang Atau Inventory

Fungsi ini berguna mendistribusikan barang atau inventory kepada setiap staff kampus. Barang yang didistribusikan bersifat seperti peminjaman barang dari staf ke kampus dan wajib dikembalikan pada waktu tertentu untuk didistribusikan kembali.

Modul Asrama

Daftar Asrama

Fungsi ini berguna untuk mengatur Gedung asrama yang aktif dalam suatu kampus.

Kamar Asrama

Fungsi ini berguna untuk mengatur jumlah kamar yang tersedia pada setiap Gedung asrama dalam suatu kampus.

Anggota Asrama

Fungsi ini berguna untuk mendaftarkan mahasiswa atau staf kampus kepada kamar tertentu pada Gedung asrama.

Modul Transportasi

Pengaturan Rute

Fungsi ini berguna untuk mengatur rute kendaraan yang tercakup dalam transportasi antar jemput yang disediakan oleh kampus.

Pengaturan Kendaraan

Fungsi ini berguna untuk mendaftarkan unit kendaraan yang melayani rute antar jemput yang disediakan oleh pihak kampus.

Pengaturan Anggota

Fungsi ini berguna untuk mendaftarkan staf atau mahasiswa kepada unit kendaraan antar jemput sehingga staf atau mahasiswa ini tercatat mendapatkan layanan antar jemput dari pihak kampus.

Modul Resepsionis

Log Pengunjung

Fungsi ini berguna untuk mencatat log visitor atau pengunjung yang datang ke kampus beserta tujuan dan tipe kunjungan.

Daftar Pertanyaan

Fungsi ini berguna untuk mencatat pertanyaan yang diajukan kepada kampus berikut dengan staf yang bertanggung-jawab untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Daftar Keluhan

Fungsi berguna untuk mencatat keluhan yang diajukan kepada kampus berikut dengan staf yang bertanggung-jawab untuk menangani keluhan tersebut.

Jadwal Rapat

Fungsi ini bertujuan untuk mengatur jadwal rapat, baik rapat internal kampus ataupun rapat dengan pihak eksternal.

Modul Transkrip

Rekap Nilai

Fungsi ini berguna untuk melihat rekapan nilai atau transkrip setiap mahasiswa.

Sertifikat

Fungsi ini berguna untuk mencetak sertifikat kelulusan mahasiswa.

Modul Laporan

Modul ini berisi berbagai laporan yang diperlukan seperti:

  • Laporan Kemajuan Mahasiswa
  • Laporan Mata Kuliah Mahasiswa
  • Laporan Kehadiran Mahasiswa
  • Laporan Kehadiran Mata Kuliah
  • Laporan Pembayaran Terkumpul
  • Laporan Biaya Mahasiswa
  • Laporan Gaji Dibayarkan
  • Laporan Cuti Staf
  • Laporan Total Pemasukan
  • Laporan Total Pengeluaran
  • Laporan Riwayat Perpustakaan
  • Laporan Pengembalian Buku Terlambat
  • Laporan Riwayat Inventaris
  • Laporan Anggota Asrama
  • Laporan Anggota Transportasi

Modul Pengaturan

Modul ini berisi pengaturan sistem secara detil, seperti :

  • Pengaturan Umum
  • Pengaturan Provinsi
  • Pengaturan Kabupaten/Kota
  • Pengaturan Email
  • Pengaturan SMS
  • Pengaturan Pembayaran
  • Pengaturan Role dan Izin