10 Website Belajar Coding Gratis Terbaik Untuk Anda

10 Website Belajar Coding Gratis Terbaik Untuk Anda

Pada era digital saat ini, keterampilan dalam pemrograman dan pengembangan web semakin penting. Baik Anda ingin memulai karir di dunia teknologi atau hanya ingin memahami dasar-dasar coding, internet menyediakan sejumlah sumber daya yang sangat berharga. Salah satu cara terbaik untuk mempelajari coding adalah melalui website belajar online. Dalam artikel ini, kami akan mengulas 10 website belajar coding gratis yang terbaik untuk Anda.

Website Belajar Coding Gratis Terbaik

1. Nextgen.co.id

website belajar coding gratis Nextgen
Daftar Tutorial website belajar coding gratis Nextgen

Nextgen.co.id adalah website belajar coding online yang menawarkan tutorial dasar gratis dalam berbagai bahasa pemrograman berbahasa Indonesia. Anda dapat mempelajari tutorial coding gratis seperti HTML, JavaScript, JQuery, Java, dan masih banyak lagi.

Fokus utama Nextgen adalah mengerjakan mini proyek yang akan diperiksa otomatis oleh sistem. Kursus ini dikerjakan secara online. Tersedia juga kursus programming dengan mengerjakan proyek skala industri yang bisa Anda cantumkan dalam CV sebagai pengalaman kerja. Anda juga akan mendapatkan bantuan penempatan kerja melalui perusahaan-perusahaan yang sudah menjadi klien Nextgen.

Selain menyediakan tutorial gratis, Nextgen juga menawarkan kursus programming berbayar dengan biaya yang terjangkau. Dengan mengikuti kursus berbayar tersebut, Anda akan mendapat banyak benefit, salah satunya meningkatkan kemampuan memahami dokumentasi teknis seperti yang akan dialami dalam dunia kerja sesungguhnya.

2. CodePolitan

CodePolitan adalah platform belajar coding gratis yang menyediakan tutorial, artikel, dan kursus interaktif dalam bahasa Indonesia. Dengan fokus pada berbagai bahasa pemrograman seperti JavaScript, PHP, dan lainnya, CodePolitan memungkinkan para pembelajar untuk memahami konsep-konsep pemrograman dengan mudah. Komunitas ini juga menawarkan forum diskusi yang memungkinkan interaksi antara sesama pembelajar, memberi peluang untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan.

CodePolitan memiliki beragam konten mulai dari tingkat pemula hingga tingkat lanjutan, memungkinkan pengguna dengan berbagai tingkat kemampuan untuk mengembangkan keterampilan coding mereka. Dengan konten yang terus diperbarui dan diawasi oleh ahli industri, CodePolitan menjadi sumber daya yang berharga bagi mereka yang ingin memulai atau meningkatkan perjalanan mereka dalam dunia pemrograman.

3. Code Academy

Codecademy adalah platform pembelajaran coding interaktif yang terkenal, menawarkan kursus gratis dalam berbagai bahasa pemrograman dan teknologi web. Mereka fokus pada memungkinkan pemula untuk memulai belajar coding tanpa pengalaman sebelumnya.

Platform ini menyediakan kursus yang interaktif dengan tujuan untuk membantu pengguna memahami konsep-konsep pemrograman melalui latihan-latihan praktis. Mereka menawarkan kursus untuk berbagai bahasa pemrograman seperti Python, JavaScript, Ruby, serta topik seperti pengembangan web dan pemrograman data.

Satu fitur menonjol dari Codecademy adalah lingkungan latihan interaktif yang memungkinkan para pembelajar menguji kode secara langsung dalam peramban web. Ini membantu dalam mempraktikkan pemahaman konsep dan melihat hasilnya secara real-time.

Selain itu, Codecademy juga memiliki proyek-proyek kecil yang harus diselesaikan oleh para pembelajar. Ini memungkinkan mereka untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam proyek yang lebih besar dan lebih mendekati pengalaman dunia nyata.

Codecademy menawarkan pilihan kursus gratis serta opsi berlangganan yang memberikan akses ke konten lebih lanjut dan dukungan tambahan. Ini menjadikan Codecademy pilihan yang populer bagi mereka yang ingin memulai belajar coding dengan cara yang interaktif, terstruktur, dan mendalam.

4. Petani Kode

website belajar coding gratis Petani Kode
Halaman utama website belajar coding gratis Petani Kode

Petani Kode adalah sumber daya pembelajaran coding berbahasa Indonesia yang kaya akan tutorial dan artikel. Platform ini menawarkan konten yang mencakup berbagai bahasa pemrograman, seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, dan masih banyak lagi. Dengan fokus pada berbagai tingkat kemampuan, Petani Kode cocok bagi pemula yang ingin memulai belajar coding atau mereka yang ingin meningkatkan keterampilan mereka.

Salah satu keunggulan Petani Kode adalah keragaman kontennya. Mereka tidak hanya memberikan tutorial dasar, tetapi juga mengulas topik-topik yang lebih lanjut dan menantang. Dengan demikian, para pembelajar dapat memilih konten yang sesuai dengan tingkat pengetahuan mereka. Materi-materi tersebut disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti, membuatnya cocok untuk siapa pun yang ingin memahami konsep-konsep coding.

Petani Kode juga berfungsi sebagai tempat di mana komunitas belajar dapat berinteraksi melalui forum diskusi. Ini memberi kesempatan bagi para pembelajar untuk bertanya, berbagi pengetahuan, dan memecahkan masalah bersama. Dengan cara ini, Petani Kode menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif dan mendukung.

Dalam rangkaian tutorial dan artikel yang mereka tawarkan, Petani Kode memungkinkan para pembelajar untuk membangun dasar yang kuat dalam dunia pemrograman. Dengan konten yang beragam dan pendekatan pembelajaran yang terstruktur, Petani Kode adalah sumber daya yang berharga bagi siapa saja yang tertarik untuk belajar coding dalam bahasa Indonesia.

5. Udemy

Udemy adalah platform yang menawarkan ribuan kursus dalam berbagai bahasa pemrograman, teknologi, dan bidang lainnya. Meskipun sebagian besar kursus di Udemy bersifat berbayar, platform ini juga memiliki sejumlah besar kursus gratis yang menawarkan pelajaran coding untuk pemula maupun tingkat lanjutan.

Kursus-kursus di Udemy disusun oleh instruktur independen yang ahli dalam bidangnya. Mereka memberikan pengajaran melalui video, materi bacaan, latihan-latihan, dan proyek-praktek. Ini memungkinkan para pembelajar untuk belajar secara mandiri dan fleksibel.

Udemy menyediakan berbagai kursus tentang bahasa pemrograman seperti JavaScript, Python, Ruby, dan banyak lagi. Selain itu, mereka juga menawarkan kursus tentang pengembangan web, pemrograman mobile, pengembangan game, dan teknologi terbaru.

Keseluruhan, Udemy adalah platform yang beragam dan sangat mengakomodasi kebutuhan pembelajar dengan berbagai tingkat kemampuan. Kursus-kursus yang ditawarkan mencakup berbagai topik dalam dunia coding dan teknologi, menjadikannya tempat yang baik untuk belajar bagi mereka yang ingin memperdalam keterampilan coding mereka.

6. SoloLearn

SoloLearn adalah platform pembelajaran coding yang populer dengan fokus pada pembelajaran melalui aplikasi seluler. Kursus dan tutorial yang ditawarkan antara lain Python, Java, JavaScript, C++, dan banyak lagi.

Salah satu keunggulan SoloLearn adalah aksesibilitasnya melalui aplikasi seluler, memungkinkan pembelajar untuk belajar kapan saja dan di mana saja. Mereka juga memiliki komunitas aktif di mana para pembelajar dapat berinteraksi, berbagi proyek, dan saling memberi dukungan.

Platform ini menawarkan pendekatan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Mereka menggabungkan teks, video, latihan-latihan, dan kuis untuk membantu pembelajar memahami konsep-konsep coding dengan lebih baik.

Selain itu, SoloLearn memiliki fitur code playground yang memungkinkan para pembelajar menulis, menjalankan, dan berbagi kode secara langsung melalui aplikasi. Ini membantu pembelajar melihat hasil dari kode yang mereka tulis dalam waktu nyata.

Meskipun SoloLearn memiliki opsi berbayar untuk fitur-fitur premium, sebagian besar konten dasar mereka gratis dan mudah diakses. Bagi mereka yang mencari pembelajaran coding yang praktis dan terjangkau melalui aplikasi seluler, SoloLearn adalah pilihan yang baik.

7. W3Schools

W3Schools menawarkan tutorial, referensi, dan panduan lengkap tentang berbagai bahasa pemrograman dan teknologi web seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, SQL, dan lainnya.

Salah satu keunggulan utama W3Schools adalah materi-materi yang disajikan dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami. Tutorial dan contoh kode yang diberikan membantu pembelajar memahami konsep-konsep pemrograman dengan lebih baik.

W3Schools juga menyediakan lingkungan interaktif yang memungkinkan para pembelajar mencoba langsung kode yang mereka pelajari dan melihat hasilnya dalam peramban web. Ini membantu dalam mempraktikkan pengetahuan secara langsung.

Selain materi dasar, W3Schools juga memiliki tutorial lebih lanjut tentang pengembangan web responsif, animasi, desain grafis, dan masih banyak lagi. Ini memungkinkan para pembelajar untuk mengembangkan keterampilan lebih lanjut dalam bidang teknologi web.

Meskipun terdapat kontroversi mengenai sejauh mana W3Schools dapat diandalkan sebagai sumber referensi utama, sumber daya ini tetap menjadi tempat populer bagi pemula yang ingin belajar coding dan pengembangan web secara gratis. Dengan panduan yang jelas dan interaktif, W3Schools memberikan dasar yang kuat bagi pembelajar yang ingin menjelajahi dunia pemrograman dan teknologi web.

8. Bento.io

website belajar coding gratis Bento.io
Halaman Utama website belajar coding gratis Bento.io

Bento.io atau sering dikenal sebagai Bento, adalah platform belajar coding yang mengumpulkan dan mengorganisir berbagai sumber daya pembelajaran coding dari berbagai situs web. Tujuannya adalah menyajikan panduan belajar yang komprehensif dan terstruktur bagi mereka yang ingin memulai atau meningkatkan keterampilan coding.

Bento mengelompokkan sumber daya belajar menjadi kategori-kategori seperti HTML, CSS, JavaScript, Python, dan banyak lagi. Setiap kategori memiliki daftar tutorial, kursus, artikel, dan sumber daya lain yang dipilih secara hati-hati untuk membantu pembelajar memahami konsep pemrograman.

Platform ini memungkinkan pengguna untuk menjelajahi konten belajar sesuai dengan tingkat kesulitan, memungkinkan pemula hingga tingkat lanjutan untuk menemukan sumber daya yang sesuai. Selain itu, Bento juga menyediakan panduan belajar lintas bahasa pemrograman, memungkinkan pembelajar untuk membandingkan konsep dalam bahasa yang berbeda.

Meskipun Bento sendiri tidak menyediakan kursus atau materi belajar langsung, platform ini menyajikan daftar yang terkurasi dari sumber daya belajar yang berkualitas dari berbagai sumber. Ini membantu pembelajar menghemat waktu dalam mencari dan memilih sumber daya yang tepat untuk memulai perjalanan coding mereka.

9. Coursera

Coursera adalah platform pembelajaran online yang menyediakan berbagai kursus dalam berbagai bidang, termasuk coding dan teknologi. Meskipun sebagian besar kursusnya berbayar, Coursera juga menawarkan pilihan kursus gratis.

Platform ini bekerja sama dengan universitas dan lembaga pendidikan terkemuka di seluruh dunia untuk menyajikan kursus-kursus berkualitas tinggi. Mereka menawarkan kursus dalam bahasa pemrograman seperti Python, Java, HTML, CSS, serta topik terkait seperti pengembangan web, pemrograman mobile, kecerdasan buatan, dan lainnya.

Kursus-kursus di Coursera mencakup video pelajaran, bacaan, latihan-latihan, dan proyek-praktek. Beberapa kursus memiliki opsi untuk memperoleh sertifikat setelah menyelesaikan kursus, yang dapat menjadi nilai tambah dalam portofolio dan dalam pencarian karier.

Coursera juga menawarkan spesialisasi, yang adalah rangkaian kursus yang mendalam dalam bidang tertentu. Spesialisasi ini dapat membantu para pembelajar membangun keterampilan yang lebih mendalam dalam topik tertentu.

10. freeCodeCamp

freeCodeCamp adalah platform belajar coding online yang sangat populer yang menawarkan pembelajaran gratis dalam berbagai bahasa pemrograman dan teknologi web. Mereka fokus pada pengembangan web dan pemrograman, serta memberikan akses kepada pemula dan mereka yang ingin meningkatkan keterampilan mereka.

Platform ini menawarkan kursus interaktif yang mencakup HTML, CSS, JavaScript, serta topik seperti pengembangan aplikasi web dan pengujian. Salah satu fitur unik dari freeCodeCamp adalah proyek nyata yang harus diselesaikan oleh para pembelajar untuk mendemonstrasikan pemahaman mereka. Ini memberikan kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan dalam situasi dunia nyata.

Selain pembelajaran, freeCodeCamp memiliki fokus yang kuat pada pemberian sumbangan kepada masyarakat. Para pembelajar dapat memperoleh sertifikat dengan menyelesaikan kursus, dan mereka juga dapat berpartisipasi dalam proyek amal untuk membantu organisasi nirlaba.

Dengan komunitas yang aktif dan dukungan yang luas, freeCodeCamp membantu para pembelajar untuk membangun portofolio dan keterampilan yang tangguh dalam dunia coding. Ini menjadi platform yang sangat populer bagi mereka yang ingin belajar coding dan pengembangan web secara gratis sambil juga memberikan dampak positif pada masyarakat melalui sumbangan dan proyek amal.

Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, keterampilan dalam coding dan pengembangan web sangat berharga. Berbagai website belajar coding gratis di atas adalah pintu masuk yang luar biasa untuk memulai perjalanan Anda dalam dunia pemrograman. Pilihlah platform yang paling sesuai dengan gaya belajar Anda dan mulailah belajar coding. Dengan kesabaran dan ketekunan, Anda akan dapat menguasai keterampilan ini dan membuka peluang baru dalam karir dan eksplorasi teknologi.

Tentang Penulis

Tinggalkan Balasan

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Keranjang Belanja0
Keranjang belanja kosong ...
0